Wednesday, February 27, 2013

[Review] Zoo


Judul: Zoo
Penulis: Anthony Browne
Penerbit: Random House Children's Book.
Tahun terbit: 1992
Winner of The Kate Greenaway Medal

Pengalaman berlibur ke kebun binatang bersama keluarga tentu tak asing bagi banyak orang. Dalam buku bergambar ini, Anthony Browne bercerita tentang sebuah keluarga yang menghabiskan satu hari mereka di kebun binantang. Tanpa banyak konflik, cerita ini justru menjadi sangat nyata. Apalagi ditambah dengan ilustrasi menarik di setiap halamannya.

Zoo diceritakan melalui sudut pandang anak laki-laki pertama dalam keluarga itu. Ia bercerita tentang liburannya ke kebun binatang bersama ayah, ibu, dan adik laki-lakinya. Cerita diawali dengan kemacetan luar biasa di jalan, membuat ia dan adiknya begitu bosan. Dilanjutkan dengan kekesalannya melihat tingkah si ayah yang berdebat dengan petugas piket. Tak lupa, ia juga sering bertengkar dengan si adik karena masalah sepele, misalnya bosan dengan suasana kebun binatang, ataupun lapar setelah jalan-jalan seharian.

Liburan biasanya identik dengan keceriaan. Namun, tokoh 'I' di sini justru lebih banyak bosan di kebun binatang. Menurutnya, liburan ini tidak seru karena hanya melihat binatang-binatang yang berlalu-lalang di kandang. Namun pada akhirnya mereka semua dapat bergembira setelah makan di kafe yang enak juga mendapat topi bergambar binatang untuk masing-masing.

Cerita ini sangat dekat dengan kehidupan anak sehari-hari. Merengek-rengek kepada ibu untuk makan, bertengkar dengan saudara merupakan pengalaman yang tak asing lagi. Ditambah lagi ilustrasi yang memukau di setiap halaman akan membuat anak-anak sangat menikmati buku ini. Berikut contoh ilustrasi yang ada di buku ini:

sumber

sumber

my favourite!
Buku ini mendapatkan penghargaan Kate Greenaway Medal pada 1992. Penghargaan ini diberikan untuk ilustrasi terbaik bagi buku anak-anak di Inggris. Hampir sama dengan Caldecott Medal yang diberikan bagi ilustrasi buku anak-anak di Amerika. Sedikit perbedaan tentang kedua penghargaan ini, Caldecott Medal benar-benar menyoroti sebuah ilustrasi buku bergambar, sedangkan cerita buku tersebut akan menjadi bagian dari Newberry Medal. Namun, dalam Kate Greenaway Medal, penilaian juga mempertimbangkan segi cerita, sehingga kemungkinan besar nominasi Kate Greeanaway Medal akan menjadi nominasi pula dalam Carnegie Medal, yaitu penghargaan bagi cerita anak-anak terbaik. Daftar penerima Kate Greenaway Medal dapat dilihat di sini.

Buku ini cocok dibaca anak-anak mulai usia sepuluh tahun ke atas, karena kalimatnya agak panjang tapi disertai ilustrasi yang sangat membantu. Untuk cerita yang sederhana, dekat dengan anak-anak, dan ilustrasi yang luar biasa, saya beri 4/5 bintang bagi Zoo karya Anthony Browne ini.

Review ini diikutkan dalam Fun Year Event With Children's Literature host by Bacaan Bzee dan Little Alice's Garden. Yang mau tahu lebih banyak klik gambar berikut :)



No comments:

Post a Comment